Contoh laporan hasil persentasi diskusi kelompok



LAPORAN
PERSENTASI KELOMPOK 5
TEORI PENGOLAHAN INFORMASI DAN LANDASAN FILOSOFINYA
Hari/tanggal                :  Jum’at, 30 Oktober 2015
Moderator                   :  Elgita Herviani Munggaran (1114018300010)
Anggota kelompok     :  1. Octavia Mahartini
                                       2. Iya Ahdiyati
                                      3. Syifa Alinda Muthia
                                      4. Dwitia Nurpradini
KESIMPULAN
1.      Belajar dan mengajar menurut pandangan konstruktivistik adalah penyusunan pengetahuan konkret, aktifitas kolaboratif dan refleksi serta interprestasi. Teori ini menekankan pada siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya. Tujuan dari teori ini salah satunya yakni agar siwa memiliki banyak pengalaman melalui hasil belajarnya.
2.      Adapun karakteristik atau cirri pembelajaran secara konstruktivistik itu ada 7, salah satunya mendukung pembelajaran secara koopratif atau pembelajaran aktif yang menekankan aktifitas bersama-sama secara berkelompok.
3.      Terdaapat 6 tokoh teori belajar ini yaitu Driver and Bell, Pieget, Vigotsky, Tasker, Wheatley dan Hanbury. Berdasarkan beberapa pandangan para tokoh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang mengacu kepada teori belajar konstruktivisme lebih memfokuskan pada konsekuen siswa dalam mengorganisasikan pengalaman mereka, bukan kepatuhan siswa dalam refleksi atas apa yang telah diperintahkan dan dilakukan oleh guru. Dengan kata lain, siswa lebih diuatamakan untuk mengonstruksi sendiri pengetahuan mereka melalui asimilasi dan akomodasi.
4.      Hal yang terpenting dalam teori konstruktivistik adalah dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang harus mendapatkan penekanan. Pembelajar yang harus aktif mengembangkan pengetahuan mereka, bukan orang lain. Mereka harus bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya.
SESI TANYA JAWAB
1.      Phony Diana Sinwih
“ Pada teori ini mengharuskan siswa lebih aktif, namun tidak semua siwa aktif. Maka bagaimana peran gru agar membuat siswa aktif dalam proses belajarnya?”
Jawab :  Sebagai guru haruslah memotivasi atau mendorong siswa agar selalu aktif dalam kegiatan belajar. Guru juga harus membiasakan siswa agar terbiasa atau terlatih untuk menyampaikan gagasan-gagasannya tersebut.
2.      Eka
“Apa hubungan teori konstruktivistik dengan teori lain? Dan apa saja prinsip teori ini?”
Jawab:   Hubungan teori ini dengan teori lainnya yaitu mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mencerdaskan siswa. Dan apaun s ecara garis besar, prinsip-prinsip konstruktivisme yang diterapkan dalam belajar mengajar adalah:
1.   Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri.
2.   Pengetahuan tidak dapat dipindahkan dari guru kemurid, kecuali hanya dengan keaktifan murid sendiri untuk menalar.
3.   Murid aktif megkontruksi secara terus menerus, sehingga selalu terjadi perubahan konsep ilmiah.
4.   Guru sekedar membantu menyediakan saran dan situasi agar proses kontruksi berjalan lancar.
5.   Menghadapi masalah yang relevan dengan siswa.
6.   Struktur pembalajaran seputar konsep utama pentingnya sebuah pertanyaan.
7.   Mencari dan menilai pendapat siswa.
8.   Menyesuaikan kurikulum untuk menanggapi anggapan siswa.
3.      Siti Nurani
“Pendekatan apa yang cocok digunakan untuk teori konstruktivistik?”
Jawab :  Pendekatan yang cocok untuk teori ini adalah pendekatan discovery dan pendekatan inquiri, karna pendekatan ini sama sama yang mensyaratkan keterlibatan keaktifan siswa dalam proses belajar dan  terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap siswa. pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar berfikir ilmiah pada diri siswa, sehingga dalam proses pembelajaran ini siswa lebih banyak belajar sendiri, mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. Kemampuan tersebut dapat dilatih sehingga setiap individu kelak dapat melakukan kegiatan ilmiahnya secara sadar (tidak intuitif lagi) dan dengan prosedur yang benar.

























PENDAPAT KELOMPOK PENANGGAP
Pembahasan kali ini Mencakup:
1.      Teori konstruktivistik dan landasan filosofinya.
2.      Tujuan teori konstruktivistik (kurang, dan perlu ditambahkan lagi tujuan-tujuannya)
3.      Tokoh-tokoh teori konstruktivistik
Driver and Bell
Pieget
Vigotsky
Tasker
Wheatley
Hanbury
4.      Unsur penting dalam pembelajaran teori konstruktivistik
5.      Aspek-aspek pembelajaran teori konstruktivistik
6.      Proses belajar menurutteori konstruktivistik
7.      Implikasi teori konstruktivistik  dalam pembelajaran
8.      Kelebihan dan kekurangan teori konstruktivistik 

Melengkapi dimakalah
1.      Tujuannya ditambah lagi
2.      Ciri-ciri pembelajaran teori konstruktivistik 
3.      teori konstruktivistik  dibagi menjadi 2 sudut pandang (pieget dan vygotsky)
4.      Prinsip-prinsip teori konstruktivistik 
5.      Model pembelajaran dari teori konstruktivistik 
6.      Langkah-langhkah pembelajaran teori konstruktivistik 






KELOMPOK KOMENTATOR
1.      Dalam hal teknis kurang siap dalam penyampaian diskusi seperti proyektor belum dinyalakan, jadi memakan waktu.
2.      Kurang kondusif, audiens kurang memperhatikan, mungkin pemakalah menyampaikannya kurang menarik
3.      Pemakalah dalm penyampaian materinya suaranya kurang begitu besar / keras.
4.      Dalam ppt tidak dimasukan “proses belajhar menurut teori konstruktivistik  “ padahal dalam makalah dimasukan.
5.      Dalam makalah bab III tiodak ada sasaran.
6.      Pemateri menyebutkan situasi disekulibrium (kondisi adanya pertentangan) maksud pertentangan disini pemateri akan dijelaskan pada saat materi “akomodasi” tapi ternyata pemateri tidak menjelaskan maksud dari “kondisi adanya pertentangan” tersebut.
7.      Dalam menyampaikan materi pemakalah menggunakan p[ilihan yang sulit sehingga susah dipahami oleh pendengar.
8.      Pemateri ada yang menyampaikan materi dengan jeda yang cukup lama.


Contoh laporan hasil persentasi diskusi kelompok
Teori konstruktivisme
hasil diskusi kelompok




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN CONTOH PROCEDURE TEXT | TUGAS UJIAN PRAKTEK BAHASA INGGRIS KELAS 12

CONTOH LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN (LPJ) KEGIATAN OSIS

NASKAH DRAMA KABARET TERBARU SINGKAT DAN ISLAMI 2016 UNTUK ANAK-ANAK - " KHALIFAH UMAR BIN KHATAB "